3 Ciri Entrepreneur Keren Yang Perlu Kamu Ketahui

Kegiatan wirausaha di sebuah toko roti

Siapa saja yang mengaku sebagai entreprenur perlu memiliki sikap tangguh secara jasmani dan rohani. Setidaknya pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) sudah punya julukan baru, yaitu entrepreneur. Tentunya harus makin tangguh dengan titel baru yang disematkan bagi setiap pelaku usaha kecil dan menengah.

Tahukah kamu? Setidaknya ada tiga ciri yang menunjukkan bahwa menjadi entrepeneur itu (super) keren!

Buka Kesempatan Kerja Baru

Tiga ciri ini dimulai dari peran entrepreneur dalam membuka kesempatan bekerja bagi lingkungan sekitar. Setidaknya menurut Adinda Ade Mustami, pada tahun 2010, entrepreneur di Indonesia menyumbang 97,3 persen penciptaan lapangan kerja yang berdampak pada penanggulangan masalah kemiskinan dan pengangguran. Capaian ini didukung oleh 49,8 juta unit usaha yang terdapat saat itu dan dapat menyerap tenaga kerja lebih dari 91,8 juta orang, bukan tidak mungkin jika angka tersebut terus membaik hari ini.

Senada dengan itu, Munir menyebutkan dalam makalahnya, bahwa perkembangan sektor UKM dari tahun ke tahun menunjukkan tren adanya kenaikan, baik dari jenis usaha yang ditekuni, maupun kualitas usahanya. Dengan kondisi ini bila dikembangkan di seluruh lapisan masyarakat kita, maka tidak ada lagi masyarakat kita yang tidak bekerja, kecuali bagi mereka yang sejak awal memang dasarnya pemalas.

Haryanto, Asisten Deputi Peran Serta Masyarakat Kemkop dan UKM, menambahkan bahwa bila jumlah wirausaha (entrepeneur) muda meningkat, maka akan menurunkan tingkat pengangguran dan kemiskinan di Indonesia sekaligus mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Saat ini, rasio kewirausahaan Indonesia sudah berada di level 3,1%.

Bukti-bukti empiris yang menunjukkan bahwa entrepeneur memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengentaskan pengangguran telah banyak disajikan. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan entrepeneur sudah mulai diperhitungkan dalam upaya pembangunan bangsa, khususnya dalam upaya mengurangi angka pengangguran.

Ikut Serta Membangun Bangsa

Ciri entrepeneur yang keren selanjutnya adalah terlibat secara langsung dalam pembangunan bangsa. Salah satunya melalui fasilitas PPh Final bagi UMKM sebesar 0,5 persen dari omzet bulanan. Angka ini barangkali kecil bagi pelaku usaha, tentunya juga tidak terlalu memberatkan dari segi finansial. Terlebih dengan dukungan teknologi informasi yang canggih, entrepeneur dapat melakukan pembayaran pajak dengan praktis dan ekonomis.

Warta Ekonomi mengungkapkan bahwa sejak tahun 2013, ada 220 ribu UMKM WP (Wajib Pajak) yang melakukan pembayaran. Kontribusi penerimaan negara dari PPh final 1% itu mencapai Rp428 miliar. Kemudian, pada 2014, kembali meningkat 532 ribu WP dengan penerimaan negara menjadi Rp2,2 triliun. Pada 2015, menjadi 780 ribu WP UMKM bayar dan penerimaan negara menjadi Rp3,5 triliun.

Selanjutnya, pada 2016 sebanyak 1,45 juta WP, penerimaan negara Rp4,3 triliun. Kemudian pada 2017 ada 1,5 juta UMKM WP dan penerimaan negara menjadi Rp5,8 triliun. Peningkatan angka pendapatan sektor pajak dari PPh Final meningkat dari tahun ke tahun, semoga terjadi peningkatan untuk tahun 2018.

Mandiri Secara Finansial

Terakhir, entrepreneur keren adalah mereka memiliki kemandirian finansial. Sosok pengusaha yang tidak menyandarkan kehidupan keluarga dan bisnisya kepada pihak manapun, salah satunya lembaga keuangan. Pengusaha yang sudah mencapai tahap ini, mampu menjaga hidup keluarga secara mandiri, menggerakkan roda ekonomi di lingkungannya. Tidak hanya itu, usaha yang dimiliki menjadi sebuah warisan yang berkesinambungan.

Setelah membaca pemaparan di atas, saya menyimpulkan bahwa seorang entrepreneur keren tidak memikirkan keuntungan dan kejayaan dirinya semata. Mereka juga peduli terhadap kehidupan masyarakat di sekitarnya, terlebih kemajuan negara tercinta. Meskipun mereka mandiri secara finansial, kemandirian itu tidak untuk kemuliaan pribadi atau keluarganya, tetapi demi keberlangsungan hajat hidup orang banyak di sekitarnya.

Sebagai seorang pengusaha pemula, saya bercita-cita untuk dapat memiliki sebuah usaha yang dapat memberikan dampak konstruktif bagi lingkungan sekitar saya. Terlebih sebuah usaha yang mampu menghidupi orang-orang yang membutuhkan uluran tangan, dan dapat diwariskan untuk generasi yang akan datang. Saya bersyukur, saat ini ada banyak sekali fasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk menjadi seorang entrepeneur yang keren.

Tips Menjadi Entrepreneur Keren

Saya akan membagikan tiga tips agar bisa menjadi entrepeneur keren dambaan sejuta umat, yaitu:

  1. Ikutilah program pembianaan dan pemberdayaan para entrepeneur yang telah disiapkan oleh stakeholder strategis. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta melalui fasilitas PLUT-KUMKM DI Yogyakarta yang dimilikinya. Program ini dapat kita ikuti secara cuma-cuma dan akan dibina oleh pendamping yang teruji dan berpengalaman, serta kamu juga mendapatkan kesempatan berjejaring yang sayang untuk dilewatkan.
  2. Ikutilah kelas atau sesi peningkatan literasi dan ketrampilan yang relevan dengan bisnis kamu. Misalnya, rangkaian kegiatan Expo UKM Istimewa 2019 yang menyediakan banyak sekali kelas gratis dan berfaedah. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti forum Google Gapura Digital Yogyakarta yang menyelenggarakan kelas bisnis secara gratis dan penuh faedah.
  3. Jangan pernah puas dengan pengetahuan dan ketrampilan yang kamu miliki, belajar itu tidak mengenal usia. Seorang entrepreneur keren itu belajar sampai akhir hayat.
  4. BONUS, selalu mengingat Allah ya… Berusahalah, berdo’alah, tekunlah beribadah, dan berserah dirilah kepada-Nya. Niscaya hasil akan mengikuti proses yang kita jalani.
  5. BONUS, selalu berbuat baik kepada semua orang tanpa pandang bulu. Biarpun dia kompetitor bisnis, tidak ada salahnya untuk membantunya saat dia tertimpa musibah. Siapa tahu, dari kompetitor menjadi rekan bisnis yang solid dan setia. Sekarang ini eranya berkolaborasi, adalah sebuah era yang mengedepankan sinergi daripada kompetisi.

Itulah ciri dan cara menjadi entrepeneur keren yang menjadi dambaan sejuta umat. Semoga kita dimudahkan dalam upaya menjadi manusia yang dapat menebat manfaat bagi sekitar melalui jalan entrepeneurship.

Artikel ini adalah bagian dari Lomba Blog “Menjadi Entrepeneur Itu Keren” dalam rangkaian “Expo UKM Istimewa 2019” yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta dan PLUT-KUMKM DI Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.